Selasa, 14 Juni 2016

SOSIALISASI SOP OLEH BIRO ORTALA SEKJEN KEMENAG RI



Ambon-Inmas. Beberapa tahun terakhir ini, SOP bukanlah hal yang baru bagi setiap ASN atau swasta lainnya. Meskipun bukan hal yang baru, namun, cara menyusun sebuah SOP yang baik dan benar sesuai peruntukkannya, masih sangat jauh dan minim dipahami oleh ASN. Oleh sebab itu, hampir setiap tahun, dilakukannya kegiatan mulai dari pemahamannya hingga bagaimana cara membuat SOP dilakukan oleh setiap satuan kerja.
Begitu pun, ASN di Kementerian Agama Kota Ambon. Sejatinya, SOP ini merupakan panduan, bagaimana seorang ASN dapat melakukan aktivitasnya sesuai tahap demi tahapan dari suatu tugas pokok dan fungsinya. Sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal dari aktivitas kerja yang dilakukannya. Dalam kesempatan itulah, meskipun pernah dilakukan kegiatan semacam ini, Biro ORTALA Sekjen Kemenag RI yang berkunjung ke Ambon, menyempatkan hadir di KanKemenag Kota Ambon, untuk menyampaikan bagaimana cara membuat SOP yang sesuai peruntukkannya.
Alhasil, ASN diarahkan untuk bagaimana menentukan sebuah judul SOP. Yaitu dengan menggunakan rumus “aspek dan ouput”. Namun, untuk sampai ke hal ini, ASN diminta untuk menguraikan uraian tugasnya hingga output final, dan pada akhirnya dirumuskan judul sebuah SOP. Di samping itu, utusan Biro ORTALA ini juga menjelaskan secara mendetail bagian-bagian dalam SOP. Ka. kanKemenag Kota Ambon, Drs. H. Hanafi Kasim, M. MPd dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas berbagai penjelasan yang disampaikan ini. “Apa yang dijelaskan dari tim ini, memberikan pemahaman yang baik, dan saya yakin, staf saya dapat merumuskan SOPnya yang baik dan benar”, tandas Hanafi.
Di sela-sela sosialisasi kilat ini, utusan Biro ORTALA ini, juga menyinggung tentang tata persuratan dinas. Dan ASN yang hadir dalam sosialisasi ini, antara lain pegawai kankemenag, penyuluh, pengawas dan pegawai KUA. (CHT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar